Mulai 2024 Kartu Tol Akan Dihapus di Semua Gerbang Tol, Ini Gantinya

Posted by : Admin Desember 2, 2023

Jakarta Sinarberita.id Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) menyampaikan bahwa seluruh jalur gerbang tol ( GT ) tidak lagi menggunakan sistem transaksi pembayaran dengan tapping ( menempelkan ) kartu e-toll mulai 2024. melainkan pemerintah akan menghapus kartu e-toll di semua gerbang Tol

Hal ini berdasarkan Badan Pengaturan Jalan Tol ( BPJT ) yang akan menerapkan secara penuh sistem transaksi nontunai nirsentuh atau layanan menggunakan sistem multiline free flow ( MLFF ) sebagai pengganti kartu e-toll pada 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, ia memastikan penerapan sistem pembayaran MLFF yang membuat mobil tidak perlu berhenti di pintu tol, bahkan ia juga mengatakan untuk mendukung sistem ini, terkait kesiapan teknologi, Basuki menegaskan itu semua sudah siap.

” Teknologi pasti sudah siap tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan maju dengan memanfaatkan teknologi,” ujar Basuki.

Lebih lanjut, Menteri PUPR, Basuki mengatakan simulasi uji coba penerapan MLFF ini sudah dimulai di jalan tol Bali – Mandara.

Menurutnya uji coba transaksi MLFF ini adalah bagian dari proses transisi seperti halnya dulu peralihan transaksi cash menjadi non cash dengan tapping kartu e-money yang butuh waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat.

Sementara itu, Basuki juga mengungkapkan pada awal penerapan MLFF 2024 mendatang perlu dilaksanakan sosialisasinya yang cukup jelas bagi masyarakat terkait teknologi bayar tol tanpa kendaraan perlu berhenti di exit tol itu.

” Agar diberikan papan informasi yang jelas untuk jalur khusus uji coba penerapan MLFF sehingga masyarakat siap dari saat sebelumnya masuk jalan tol Bali – Mandara,” Ujar Basuki.

Sementara itu. Direktur jalan bebas hambatan direktorat jenderal bina marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono, turut menambahkan terkait uji coba transisi tapping e-toll ke MLFF.

Yakni ia menyatakan pada tahap awal hanya akan diberlakukan di jalur 4 GT Ngurah Rai, dan akan mulai diterapkan pada seluruh lajur GT pada Maret 2024.

Uji coba ini telah dimulai sejak Minggu kedua November 2023 dan akan terus disempurnakan kesiapan alat dan simulasinya. Direncanakan mulai tanggal 12 Desember 2023 hingga Januari 2024 untuk peluncuran uji coba terbatas khususnya bagi kendaraan pegawai pemerintah,” Ucap Triono.

MLFF adalah transaksi pembayaran tol yang dilakukan dalam kecepatan normal dengan menggunakan teknologi nontunai nirsentuh. Sedangkan e-toll adalah sebuah kartu uang elektronik ( e-money ) yang digunakan sebagai alat pembayaran nontunai ( cashless ) saat menggunakan layanan jalan tol.

Meski sama – sama dilakukan tanpa mengeluarkan uang tunai. penggunaan teknologi MLFF tidak membuat pengendara harus berhenti di pintu tol dan membuka kaca untuk tempel kartu e-toll.

Melainkan dengan teknologi MLFF ini, saat kendaraan melewati pintu tol maka saldo uang elektronik yang tersimpan pada aplikasi khusus yang sudah di unduh di handphone pintar ( smartpone ) akan terpotong otomatis.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT ) mengklaim dengan cara inj memakan waktu transaksi menjadi hanya 0 detik,( Red.)

RELATED POSTS
FOLLOW US