Miris, Lahan Perkebunan Kelapa Sawit Seluas 3 Hektare di Desa Tasik Tebing Serai Ludes Terbakar si Jago Merah Akhibat Kemaru Panjang

Posted by : Admin Juli 29, 2024

Talang Mundau Sinarberita.id – Musim kemarau berkepanjangan di wilayah Riau tiba, salah satu nya yaitu wilayah Desa Tasik Tebing Serai km 68 Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis Riau, Mengakibatkan lahan perkebunan Kelapa Sawit milik petani masyarakat Desa Tebing Serai Kecamatan Talang Muandau Ludes terbakar si jago merah pada Senin 29/07/2024.

Pengakuan dari salah satu warga setempat sekaligus pemilik lahan sawit, H Nainggolan (49) merasa sedih dengan menundukkan kepala nya karena lahan nya habis dilalap si jago merah sekitar 3 hektar yang sudah kerap dipanen untuk kebutuhan keluarga nya.”tutur Nainggolan 

” Pada saat kebakaran sempat dibantu oleh pemadam kebakaran karena minim nya pasokan air untuk melakukan pemadaman sehingga pindah ketempat lain untuk mencari air untuk mengupayakan pemadaman api diberbagai titik lokasi kebakaran, setelah pemadam berpindah lokasi. Dengan rasa takutnya nya agar api tidak menyala kembali pemilik lahan sengaja mendatangkan mesin air untuk menyiram kebun sawit nya agar api tidak menyala kembali meskipun pasokan air kurang memadai. bahkan lahan sawit warga lain ikut serta terbakar. Kebakaran terjadi pada hari senin tgl 29/7/2024 sekitar pukul 14 wib,” imbuhnya.

Tidak jauh dari dilokasi lahan warga yang tersebut di waktu yang bersamaan api masih menyala hingga pada pukul 17 wib api belum juga padam total karena minim nya air untuk melakukan pemadaman dilokasi kebakaran.

Dugaan api bersumber akibat faktor cuaca panas berkepanjangan. H Nainggolan (49) berharap api cepat padam total agar tidak meluas ke ladang perkebunan sawit nya dan ladang Sawit warga lain nya. Kebakaran ini sudah diketahui oleh bhabinkamtibmas Desa setempat sekitar pukul 17:50 wib.”tutupnya.(Roniko S)

 

 

 

 

 

Editor : Rosikhi

RELATED POSTS
FOLLOW US