Grace Natalie Gagal ke Parlemen Senayan Meski Suara Tertinggi Didapil, Disebut Bisa Maju Pilgub DKI Jakarta

Posted by : Admin Maret 24, 2024

Jakarta Sinarberita.id Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solideritas Indonesia (PSI) Grace Natalie kembali gagal ke parlemen Senayan usai belum memenuhi ambang batas empat persen.

Partai pimpinan Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep itu hanya meraih 4.260.169 suara atau 2,8 persen dari total 151.796.630 suara sah pemilih legislatif (Pileg) 2024.

Hasil ini pun berdampak pada Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solideritas Indonesia (PSI) Grace Natalie, yang sukses meraih suara terbanyak di daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta III.

Diketahui, Garce Natalie mendapat 193.556 suara di dapil yang meliputi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Dengan perolehan suara terbanyak,

Sejumlah pihak pun menganggap Grace Natalie layak untuk berkontestasi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Lantas bagaimana potensi Grace Natalie untuk maju Pilgub 2024?

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Cecep Hidayat mengatakan, hasil Pileg 2024 menunjukkan popularitas Grace Natalie di dapilnya. Menurutnya hal ini bisa menjadi modal berharga untuk berkontestasi di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Berarti dia relatif populer  kalau maju (Pilgub 2024) tidak terlalu sulit. Tinggal mem-branding dia supaya bisa dipilih dan disukai masyarakat,” ujar Cecep pada Jum’at 22/03/2024.

Terlebih, ia menilai bahwa pemilih DKI Jakarta umumnya akan melihat sosok tokoh yang dicalonkan. Artinya sejumlah perolehan suara di Pemilu 2024 mungkin tidak berpengaruh terhadap elektabilitasnya di Jakarta.

Kepala daerah yang dilihat figurnya, bukan partainya, Sosok figur yang harus diperhatikan oleh partai politik pengusung,”tegasnya.

Cecep juga menjelaskan, para pemilih di Jakarta juga memiliki karakter rasional. Karenanya, partai perlu mempertimbangkan karakter tersebut saat memilih calon gubernur yang akan diusung.

Sealin itu, partai pengusung juga perlu memperhatikan Jakarta yang berotensi berubah menjadi Daerah Khusus Jakarta dan tergabung dengan Jabodetabekjur.

“(Gubernur Jakarta) juga berpotensi maju juga ke (Pemilu) 2029, punya tabungan politik untuk itu,” imbuhnya

Cecep menjelaskan, Grace Natalie dapat berkontestasi dalam Pilgub DKI Jakarta dengan mencalonkan diri melalui jalur Independen atau diusung oleh koaliasi partai politik.”(Red)

RELATED POSTS
FOLLOW US