SDN Sukapura 02 Awali Kegiatan P5, Dengan Tema ” TOGA KOI ELIT ” ( Tanaman Obat Keluarga dan Kolam Ikan Efektif di Lahan Sempit )

Posted by : Admin Desember 12, 2023

Jakarta Sinarberita.id Sejumlah 503 peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6 SDN Sukapura 02 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Mengikuti kegiatan pertama acara Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada semester  pertama tahun Pelajaran 2023 – 2024  yang di selenggarakan langsung di halaman sekolah SDN Sukapura 02 pada Selasa 12/12/2023

Seluruh peserta didik SDN Sukapura 02 terlihat sangat begitu antusias penuh  dengan kegembiraan jelang acara P5 berlangsung. Kegembiraan tersebut dirasakan juga oleh para orang tua wali peserta didik juga para guru pengajar di SDN Sukapura 02 Pagi tersebut.

Acara yang bertemakan ” Toga Koi Elite ” tersebut yang mengartikan Tanaman Obat Keluarga dan Kolam Ikan Efektif di Lahan Sempit ‘ merupakan Gaya Hidup Berkelanjutan, dimensi bermain dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia ” dan ” mandiri,’ tutur Titin Haryani

Acara P5, semester pertama  tahun ajaran 2023 – 2024 yang dilaksana langsung di halaman Sekolah SDN Sukapura 02 pagi. juga mendapat resfon fositif dari para orang tua wali murid dan oleh warga setempat khususnya masayarakat warga kompi jenggot RT.008 RW.001 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang menyaksikan langsung puncak acara tersebut.

Hampir keseluruhan para orang tua wali murid hingga masyarakat sekitar Sekolahan SDN Sukapura 02 dapat merasakan secara langsung Aneka macam Kuliner yang di sajikan di acara tersebut, seperti dapat menikmati jajanan ringan yang ditemani oleh lantuan lagu ragam kesenian dari para peserta didik yang menampilkan bakat dan kreatifnya dari para murid yang tampil di panggung.

Acara P5 semester pertama tahun ajaran 2023 – 2024 SDN Sukapura 02 , yang di Laksanakan oleh Ketua Panitia Pelaksana M. Febri Haryanto, dan Kepala Sekolah Ibu Fajar Swakurniawati serta oleh wakil Ketua Pelaksana Deta Milanasari, beserta Sekertaris pelaksana, Ibu Khusnul Fitrianingsih dan Bendahara, Ibu Dhina Hadi Sulistia. yang akan menyajikan sejumlah aneka hiburan kesenian budaya hingga kuliner yang akan di Pandu oleh MC Kokom Komariah dan Titin Haryani ( Para Guru peserta didik SDN Sukapura 02 Pagi )

Diantaranya. a. Pameran, b. Bazzar, C. Pentas Seni  yang akan diikuti oleh seluruh peserta didik dan para guru – guru Sekolah SDN Sukapura 02 serta orang tua murid. Mengusung tema ” TOGA KOI ELIT ” Tanaman Obat Keluarga dan Kolam Ikan efektif dilahan sempit. dan Kecantikan Yang harus diketahui, digali oleh murid – murid. seperti tema Gaya Hidup Berkelanjutan.” Kata – Titin Haryani, selaku MC dalam acara P5 yang diselenggarakan langsung di halaman sekolah SDN Sukarpura 02 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara pada Selasa 12/12/2023 pagi sampai selesai.

Lanjutnya ” Kita berharap dengan mengenalkan lebih dekat dengan Tanaman Obat Keluarga dan Kolam Ikan Efektif di lahan Sempit tersebut. Mampu membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila. murid – murid akan memiliki gaya hidup berkelanjutan

Dimensi ‘ bermain bertaqwa dan berakhlak mulia kepada alam seisinya setelah mengetahui Tanaman Obat Keluarga dan Kolam Ikan Efektif di Lahan Sempit, setelah mengetahui tanaman dan kolam ikan efektif di lahan sempit tersebut.” tuturnya.

Muncul pula daya nalar kritis dari para peserta didik SDN Sukapura 02 setelah mengikuti berbagai rangkaian acara P5 ragam kesenian budaya, dan diperkenalkan juga bentuk ragam tanaman obat keluarga dan kolam ikan efektif di lahan sempit, bertujuan agar para peserta didik SDN Sukapura 02 mengetahui tanaman obat keluarga dan kolam ikan efektif di lahan sempit dan kecantikan minim kimia itu. Bahkan bisa jadi mereka mampu memlihara dan cara merawat tanaman dan kolam ikan tentunya,” imbuh Titin. 

Kegiatan Acara P5 hari ini diawali dibuka dengan membaca Do’a bersama – sama yang dipimpin langsung oleh ketua panitai pelaksana Acara kegiatan P5 tersebut. serta seluruh para murid SDN Sukapura 02 baik para siswa dan siswi serta oleh para wali murid dan para guru – guru Sekolah.” kata – Titin Haryani.

Melalui kegiatan P5 ini para peserta didik telah mampu melakukan kegiatan positif yang akan berguna untuk kelangsungan hidupnya dalam menghadapi  tantangan zaman dimasa yang akan datang. Khususnya dalam mengatasi masalah penggunaan bahan kimia yang berbahaya. Karena murid – murid peserta didik yang berkarakter ” mandiri ”  sadar akan diri sendiri dan situasi yang dihadapi.

Karakater – karakter tersebut telah terasa melalui berbagai praktek dan proyek – proyek yang dilaksanakan dengan menampilkan karya membuat  sendiri, makanan, minuman, produk kecantikan dan kesehatan yang minim bahan kimia.

Para siswa juga mampu melihat kesempatan bagaimana memanfaatkan lingkungan sekitar yang salah satunya adalah memanfaatkan lahan sempit di sekitar sekolah untuk bertanam TOGA, serta budidaya ikan Nila dan Lele. membuat pakan ikan sendiri agar hasil panen ikannya lebih sehat,” Jelasnya

Acara Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ), yang diselenggarakan di Halaman Sekolah SDN Sukapura 02 pada Semester Pertama tahun ajaran 2023 – 2024 tersebut berlangsung sangat meriah dan penuh dengan hikmat, 

Titin Haryani Selaku Guru SDN Sukapura 02, mengatakan dengan berlangsungnya Acara P5 ini yang di selenggarakan oleh Ketua Panitia Pelaksana dan dari Kepala Sekolah SDN Sukapura 02 tentunya sangat mengaepresiasi setinggi – tingginya kepada seluruh Ketua Pelaksana Acara P5 tersebut. dikarenakan para peserta didik SDN Sukapura 02 dari kelasa satu sampai kelas enam ini sangat gembira dan penuh dengan rasa antusias dari orang tua wali murid atas berlangsungnya acara ini dengan baik dan lancar, tentunya ini menjadi kebanggaan untuk kita semua juga kepada orang tua wali murid dan para guru yang mengajar di Sekolah SDN 02 tersebut,( Jhos Ruddy )

 

 

 

 

 

 

Sumber : Guru SDN Sukapura 02

 

RELATED POSTS
FOLLOW US